Perbedaan Toyota Agya dan Toyota Wigo

tyota-wigo-filiphina-700x459OTONITY.com – Perbedaan Toyota Agya Indonesia dan Toyota Wigo. PT Toyota Astra Motor akhirnya memberikan model CBU (Completely Built Up) kepada negara tetangga untuk Toyota Agya yang dirakit di Indonesia. Negara tujuan ekspor perdana ini adalah Filipina yang akan mendapatkan Toyota Agya dengan sedikit ubahan pada eksterior dan interior. Anda penasaran apa saja yang diubah Toyota Agya yang di ekspor ke Filipina ini, mari kita bahas satu persatu.

1. Nama

Di Filipina Toyota Agya namanya akan di ubah menjadi Toyota Wigo. Toyota Wigo dipilih karena lebih global dibandingkan dengan Toyota Agya yang namanya khas Indonesia. Dengan nama yang berubah menjadi Wigo, diharapkan Toyota Agya lebih diminati oleh masyarakat Filipina.

2. Setir Kiri

Jalanan Filipina memang menganut sistem jalanan Eropa maupun negara-negara Amerika yang menggunakan setir kiri, Toyota Wigo pun kini diubah menjadi setir kiri yang berbeda dengan varian Indonesia. Agak aneh sebenarnya kalau biasanya kita melihat Toyota Agya biasnya menggunakan setir kanan, kini di ubah menjadi setir kiri.

3. Audioless

Untuk versi yang di ekspor, varian tertinggi yaitu tipe G tidak dilengkapi dengan audio bawaan seperti ada di Indonesia. Tapi mungkin saja ketika sampai di Filipina mobil ini mendapatkan head unit aftermarket buatan Filipina.

4. Single Airbag

Jika di Indonesia dilengkapi dengan 2 buah kantung udara pada bagian pengemudi dan penumpang. Toyota Wigo versi Filipina hanya dilengkapi dengan satu buah airbag untuk bagian pengemudinya saja.

5. Panel AC

Pada fitur Panel AC Toyota Wigo nantinya akan sangat berbeda dengan Agya yang ada di Indonesia karena masyarakat Filipina cenderung menggunakan fitur-fitur opsi yang ada pada AC. Seperti pengatur suhu yang lengkap dengan pemanas, pengatur ventilasi AC yang juga dapat diatur ke bagian kaki dan defogger kaca dan pilihan masukan udara dari luar dan dalam kabin. Sedangkan untuk versi Indonesia hanya terdiri dari suhu dan kecepatan angin saja.

6. Wiper Belakang

Berbeda dengan mobil LCGC yang sengaja di cost down untuk mendapatkan harga jual yang jauh lebih murah. Karena nantinya di Filipina mobil ini akan naik kelas, Toyota menambahkan sebuah wiper belakang yang sepertinya masih common parts dengan Toyota Avanza dan toyota Etios. Dengan dipasangnya wiper belakang ini tampilannya pun terlihat lebih manis dan fitur lengkap.

7. Emblem

Mobil city car Toyota Wigo Filipina tentunya tidak perlu mengikuti peraturan pemerintah untuk mendapatkan pembebasan pajak karena sudah masuk ke dalam regulasi LCGC. Kita tidak akan menemukan logo burung Garuda di Toyota Wigo karena untuk versi Filipina logonya diubah menjadi logo Toyota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s