Modifikasi Hilux Surf 95, “Merah Siapa Takut”

toyota acehJIP – Merah menjadi warna favorit dimana-mana, tak terkecuali di Indonesia. Sehingga warna yang dicap memiliki unsur pemberani ini banyak menjadi pilihan untuk eksterior kendaraan. Namun, selera terhadap merah ini jarang menjangkiti interior. Bahkan tidak sedikit yang justru menghindar, dan lebih memilih warna netral seperti abu-abu, beige ataupun hitam. Sehingga populasi mobil dengan interior merah di negeri tercinta ini sangat sedikit.

Warna merah memang tidak seluwes lainnya. Biasanya digunakan pada produk-produk terbatas saja, atau top of the line. Beberapa sumber menyebut, harga yang harus ditebus untuk mendapatkan mobil interior merah lebih tinggi dibanding warna lain.

Memiliki Hilux Surf, khususnya gen 2, menjadi impian pria yang hanya minta ditulis sebagai Mr. M ini. “Sosoknya paling atletis dan gagah. Tongkrongannya sudah cukup tinggi walau dalam kondisi standar,” tutur pria yang menggeluti dunia fotografi ini.

Impian itu pun terjawab dengan dipinangnya sebuah Hilux Surf red on red, eksterior merah dengan interior merah. Namun awalnya, interior merah itu dikhawatirkan mengganggu proses restorasi. “Hilux merupakan ‘mahluk’ langka, ditambah warna interiornya yang juga langka. Waduh, dobel tingkat kesulitannya,” papar penggemar SUV ini. “Saya khawatir tidak dapat menemukan pernik interior berwarna merah,” imbuhnya.
Namun, keinginan memiliki Hilux idaman lebih besar dibanding ketakutannya. “Kondisi kendaraan dapat dikatakan lengkap. Hanya, genuine leather pembungkus joknya yang sudah tidak bagus,” terangnya membenarkan kekhawatiran.

“Dan benar saja. Ternyata genuine leather merah yang senada warna interior orisinal, susah didapat. Untunglah ada bahan kulit sintetik yang nyaris senada,” ungkapnya. Alhasil, proses restorasi custom ini pun berlanjut. “Untung saja bukan karpet yang bermasalah. Kalau itu yang terjadi, ke mana saya harus mencari?” kekehnya sembari menutup perbincangan.

 toyota aceh

Mesin

Meski dalam kondisi prima, performa mesin 4 silinder berkode 2L-TE sepertinya belum memuaskan sang pemilik. Dilakukanlah serangkaian modifikasi. Injektor diganti yang berkapasitas lebih besar, dan ditambah pemasangan piggy back. Akselerasi pun lebih tajam. Rombakan ini berdampak suara mesin menjadi lebih berisik. Sejalan dengan penambahan performa, sepertinya label sebagai mesin ekonomis tetap dijaga. Pemasangan Water Ethanol Injection diklaim mampu menekan konsumsi bahan bakar.
Performa mesin diimbangi dengan sistem pendinginan yang baik. Langkah yang dapat dilihat secara nyata terdapat pada penggunaan radiator aluminum 3 ply.

 www.toyotaaceh.com

Suspensi

Tidak banyak rombakan pada kaki-kaki, hanya diberi sedikit sentuhan suspension lift. Per torsi tetap menggunakan produk orisinal Toyota yang diputar sudutnya agar lebih tinggi. Sedangkan per keong pada lini belakang menggunakan produk aftermarket, 1.5 inci lebih tinggi dari produk bawaannya.

 www.toyotaaceh.com

Pelek

Pelek menjadi PR tersendiri. Saat dipinang, pikap ini menggunakan pelek aftermarket yang kurang pas dengan keinginan Mr. M. Butuh perburuan pelek orisinal yang gencar selama 6 bulan, baru membuahkan hasil pelek orisinal Hilux. Pelek ini pun lantas disinergikan dengan ban Toyo.

 toyota aceh

Interior

Rona merah melaburi seluruh interior. Doortrim dan pembungkus interior, semuanya masih prima tanpa sobek sedikitpun. Hanya, kondisi jok berlapis kulit sudah tidak menarik. Mr. M pun berinisiatif membungkus ulang jok tersebut, sayang bahan genuine leather berwarna senada dengan interior lainnya gagal didapat. Untung didapat pembungkus dari kulit sintetik yang mendekati orisinal bawaan kendaraan.

 2014_02_09_10_20_30_hl-(11)

Sunroof

Peranti bawaan pabrik masih berfungsi. Sunroof asli bawaan bekerja dengan baik, dan kondisinya juga baik. Tombol pengoperasiannya terdapat pada langit-langit kabin depan.

Transmisi

Transmisi matik 4 percepatan bawaan orisinal, berpadu dengan transfercase 2 speed part-time menjadi andalan Hilux untuk menjelajah beragam medan. Transmisi buatan Aisin ini dilengkapi kontrol transmisi elektronik, sehingga tingkat responsifitas transmisi dapat dipilih.

 2014_02_09_10_20_30_hl-(12)

Overfender

Overfender khas Hilux dilucuti, sehingga nampak seperti Toyota 4Runner (Hilux versi USDM). Mencari mud-flap menjadi persoalan, lantaran butuh waktu perburuan paling lama, sehingga paling terakhir dipasang.

 2014_02_09_10_19_55_hl-(6)

Wiper

Wiper kaca belakang beserta perlengkapannya yang paling susah dicari. Kalau ada bagian yang hilang, bakal menjadi masalah besar. Saat pengecatan, komponen ini dibersihkan dan disimpan sendiri oleh Mr. M.

Spesifikasi

Sasis : OEM Hilux Surf

Body : OEM Hilux Surf

Mesin : 2L-TE 4 silinder inline 2.446 cc EFI

Transmisi : 4 speed matik

Transfercase : 2 speed part-time

Suspensi : Independent front suspension with torsion bar

: solid axle with coil spring

Ban : Toyo Open Country 235 x 85 x R16

Pelek : OEM Hilux Surf 7×16

sumber jip.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s