10 Tahun Sudah, Avanza Kuasai Pasar LMPV

journey-2014-di-depan

Manager Public Relation PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat bersama Direktur PT Dunia Barusa, Muhammad Hanafiah dan Kepala Cabang PT Dunia Barusa, Fouzi Muhammad mengibarkan bedera start saat melepas tim Avanzanation Journey 2014 di depan PT Dunia Barusa, dealer resmi Toyota di Aceh, Kamis (6/2/2014). SERAMBI/BUDI FATRIA

BANDA ACEH – Tanggal 7 Desember 2013 kemarin, Toyota Avanza genap berusia 10 tahun sejak pertama sekali diproduksi tahun 2003. Sejak saat itu Avanza menguasai pasar Low MPV di Indonesia.

Avanza merupakan ‘anak emas’ Toyota. Tahun 2013 kemarin, secara nasional Avanza memberikan konstribusi penjualan sebesar 213.000 unit dari total penjualan mobil Toyota sebanyak 434.000 unit.
“Toyota saat ini sudah memiliki segmen yang lengkap. Sehingga sekarang kami tinggal memikirkan bagaimana memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan bagaimana kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” kata Manager Public Relation PT TAM, Rouli Sijabat, dalam konfrensi pers yang digelar di PT Dunia Barusa Banda Aceh pada acara penglepasan Avanzanation Touring Sabang-Merauke, Kamis (6/2). Aceh sendiri menjadi menjadi kick off dari touring tersebut.
Untuk pasar Sumatera, dia sebutkan, penjualan tahun kemarin tercatat sebanyak 33.703 unit dari total penjualan mobil Toyota sebanyak 67.376 unit. “Avanza memberikan konstribusi terbesar, yaitu 55 persen,” sebutnya.
Tahun 2013 kemarin, dia katakan, market share Avanza secara nasional mencapai 49 persen. Tahun ini, Rouli mengharapkan market share Avanza tetap di angka 49 persen. “Namun kita akan upayakan lebih,” imbuhnya.

Sementara, menyambut hari jadi yang ke-10 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan gelaran akbar bertajuk Avanzanation Journey 2014. Kegiatan perjalanan panjang on road melintasi seluruh wilayah Indonesia, yang dimulai 6 Februari kemarin sampai 10 Maret 2014.

“Perjalanan panjang ini bermula dari Sabang dan akan berakhir di Merauke, Irian Jaya. Journey ini selain menguji performa Avanza dan menikmati kebudayaan Tanah Air, juga melakukan kegiatan sosial di beberapa tempat yang didatangi,” kata Direktur PT Dunia Barusa, Muhammad Hanafiah, dalam siaran persnya di PT Dunia Barusa Banda Aceh, Kamis (6/2).

Hanafiah menjelaskan, terdapat empat tim Avanzanation berdasarkan wilayah jangkauan, tim Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya. “Kegiatan ini dimulai di Sumatera dan mengambil titik awal Kota Sabang sebagai titik nol kilometer dan ini dilakukan oleh tim Sumatera dengan empat kendaraan Avanza,” ujarnya.

Menurut Hanafiah, PT Dunia Barusa Aceh sebagai diler resmi Toyota berperan aktif dan mendukung penuh kegiatan tim Sumatera yang nantinya akan melanjutkan perjalanan menjelajah Sumatera dan berakhir di Ibu Kota Jakarta.(ni)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s