Perawatan Mobil Usai Mudik Lebaran

6032-0_663_382Toyota Aceh – Menempuh perjalanan jauh saat mudik, terkadang membuat performa mobil Anda menurun. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar kondisi mobil tetap prima meski habis dipaksa kerja keras.

Pada kendaraan, komponen terpenting yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki. Sebab komponen yang terdiri atas per, ban, rem, dan shockbreaker ini yang bekerja paling berat. Terlebih, selain jauh, saat mudik mobil juga kerap berjibaku dengan kemacetan.

Komponen lain yang mesti diperiksa adalah oli, air aki, minyak dan kanvas rem, serta kopling. Jika mobil menempuh jarak 7.500-10.000 kilometer, sebaiknya oli segera diganti. Adapun rem harus segera diganti jika kampasnya sudah aus.

Service Manager Plaza Toyota Parman Suanda mengatakan, pengecekan oli tak cuma pada mesin, tapi juga pada gardan. “Segera cek oli. Jika sudah berkurang dari batas minimal, lebih baik diganti saja,” kata Parman.

Tak cuma itu, periksa ulang kondisi mesin. Lakukan kiat yang sama seperti ketika Anda bersiap untuk liburan. Tetapi, kali ini beri perhatian ekstra pada kondisi air radiator. Biasanya pada mobil yang telah berjalan jauh, terjadi perubahan warna pada air radiator. Bila terdapat air radiator yang keruh, kuras dan ganti seluruhnya.

Periksa juga rem, karena komponen ini memiliki beban kerja yang berat saat perjalanan mudik. Perhatikan pula kondisi belt seperti timing belt dan v-belt. Biasanya jika belt mengendur, akan mengeluarkan suara yang berdecit.

Selain itu, periksa kondisi keselarasan kaki-kaki mobil. Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan melakukan spooring, balancing, dan wheel alignment jika diperlukan.

Kemudian, periksa ulang kondisi ban. Lebih baik lagi dirotasi. Perhatikan pula keausan telapak ban, jika mendapati telapak ban yang tidak rata, ada dua indikasi yang terjadi. Yang pertama, akibat tekanan udara ban yang berkurang dan kedua, karena menurunnya kinerja suspensi.

Terakhir, periksa kondisi saringan udara. Bersihkan dengan prosedur yang sesuai dengan karakteristik saringan udara mobil. Beberapa mobil mengadopsi filter yang dapat dicuci dengan air sabun, alkohol, ataupun oli khusus.

 

One thought on “Perawatan Mobil Usai Mudik Lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s