Toyota Hilux Super Ceper untuk Digeber

Toyota Aceh. Surabaya, KompasOtomotif – Pada umumnya, orang memodifikasi pikap diubah dengan gaya off-road, sesuai dengan trahaslinya sebagai kendaraan pekerja. Namun Jati Fernandi, modifikator asal Surabaya, justru sebaliknya. Toyota Hilux 2011 malah dirombak menjadi mobil balap.

Kendati melenceng dari jalur, racikan Jati dengan bantuan  Auto Perfection Surabaya, menjadi salah satu yang terbaik dengan meraih penghargaan “Best Racing Interior” di Djarum Black Autoblacktrough di Surabaya, bulan lalu.6d656fc102fc7a460af54c8fcf69c494_p 20ccce80ff815fbb48d3a867cbc00e1b_p 88690fe6a8f8c3fb8f6a0c45f45431f3_p”Prinsip saya, tidak suka dengan sesuatu yang sudah banyak digunakan orang. Aliran racinguntuk pikap jarang sekali. Karena itulah saya memilihnya,”  jelas Jati kepada KompasOtomotif.

Apa yang istimewa dari mobil ini ? Nilai plus yang diberikan juri, kesan pikap telah hilang! Jok, kini  menggunakan Recaro lengkap dengan sabuk pengaman enam titik. Kabin dilengkapi denganrollbar untuk melindung pengemudi dan penumpangCiri balap makin kental dengan penggunaan setir, tuas pemindah gigi dan pedal-pedal buatan Sparco.

Juga dipanjang alat ukuran lain, yaitu tachometer, autometer, indikaotr temperatur oli mesin, indikator suhu pendingin, voltmeter dan entertainment dengan head unit Clarion. Interior pikap ini makin  menaik dengan gabungan dua warna, abu-abu dan oranye. ”Hilux dengan penampilanracing Indonesia hanya ada dua, salah satunya punya saya,” cerita Jati bangga.

Ceper Mentok
Wajah Hilux ini juga berubah total. Kini, bumper dipasangkan dengan spoiler berbalut warna emas. Lampu utama dipertahankan, tapi disusun ulang dengan bodi dan gril baru.

Di belakang dipasang pula pemecah angin berwarna oranye dan diberi lampu LED di tengah. Sebagian besar bodi didominasi hitam dof, lalu diberi aksentuasi stiker merah sampai belakang. Bak,ditutup dengan jaring-jaring dan ekstra rollbar oranye khas mobil-mobil balap. Pintu kini model gullwing (membuka ke atas). Kaki-kaki dicebolkan sehingga menjadi sangat ceper dan tidak mungkin diajak meluncur di jalan.

Mesin, hanya saluran permukaan bagian dalam dari saluran isap dan lubang katup dihaluskan agar aliran udara semakin lancar. Kendati performa diklaim makin galak, namun Jati mengaku belum mengetahui peningkatan tenaga mesin. “Pastinya, bias diadu dengans sedan balap,” tukasnya!

Editor : Zulkifli BJ

sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s