Toyota Pimpin Penjualan Otomotif

123194

 

Metrotvnews.com: Toyota kembali mengungguli General Motors dalam angka penjualan mobil terbanyak di dunia pada 2012. Pabrikan asal Jepang itu berhasil membukukan penjualan 9,7 juta mobil dan truk, sedangkan GM hanya mampu menjual 9,2 juta kendaraan.

Kedua raksasa pabrikan otomotif ini sama-sama mencatatkan kenaikan angka penjualan. Angka penjualan Toyota tumbuh lebih tinggi setelah melepas model-model populernya seperti Camry.

GM sebelumnya menduduki kursi tertinggi angka penjualan kendaraan selama lebih dari tujuh puluh tahun namun kemudian gelar ini direbut Toyota pada 2008. GM kembali membukukan angka penjualan terbanyak kendaraan pada tahun 2011 saat sejumlah pabrik Toyota hancur akibat gempa dan tsunami serta banjir di Thailand.

Angka positif dari dua perusahaan ini diikuti pula oleh sebagian besar pabrikan kendaraan lain, diikuti dengan berbagai strategi untuk terus menggenjot pendapatan.

Sementara itu, Nissan Motor Corp Ltd mengumumkan menurunkan harga untuk penjualan mobil listriknya, Nissan Leaf, dari US$35.000 (sekitar Rp337juta) menjadi US$29.650 (sekitar Rp285 juta), khusus untuk pasar Amerika. Angka penjualan Leaf di AS tahun lalu naik 1,5 persen menjadi 9.819 unit mobil.

Dengan kebijakan baru ini maka Leaf akan menjadi mobil listrik lima penumpang termurah di AS.

Pabrikan mobil superpremium Bentley mulai memasarkan model terbarunya, Force 5 hurricane, kendaraan empat kursi jenis convertible yang dijual diklaim lebih irit energi sebesar 15 persen dibanding model serupa sebelumnya.

Mobil mewah ini menurut Bentley sangat elegan sekaligus nyaman untuk pengendaranya. Bentley dikenal sebagai salah satu kendaraan resmi ratu Inggris.

Menurut Direktur Wolfgang Schreiber ‘kecanggihan sensor atap mobil dengan empat kursi ini ditambah kepraktisannya dipakai sepanjang tahun, serta standar kemewahan yang tak tersaingi’ menjadikannya tumpangan ideal konsumen yang ‘tak mau terima kompromi’.

Harga Bentley sejenis, termasuk tipe Mulsanne limousine, mencapai $300.000 (sekitar Rp2,9 miliar) dan bahkan di tengah krisis dunia saat ini, masih tetap laris dibeli dengan penjualan global mencapai 8.510 unit tahun lalu naik 22 persen dari tahun sebelumnya.

Pabrikan mobil mewah lainnya, Jaguar, juga menikmati kenaikan angka penjualan. Pabrikan Jaguar Land Rover mengatakan akan merekrut 800 pekerja tambahan di pabrik mereka di Inggris setelah angka penjualan yang bagus di Cina, yang kini jadi pasar utamanya.

Dalam pernyataan tertulisnya Jaguar Land Rover menyebut Minggu (13/1), bahwa 72.000 unit mobilnya terjual di China 2012, sementara 68.000 unit lain laku di Inggris. Pabrikan ini kini dimiliki konglomerasi India, Tata Motors.

Pasar di China juga mendorong Chrysler untuk membangun pabrik rakitan jenis Jeep di negara tirai bambu itu.

Jeep udah menjual berbagai modelnya di China, termasuk Grand Cherokee, Wrangler dan Compass sehingga pembangunan pabrik baru menurut Presiden dan CEO Chrysler, Mike Manley, “relatif sekedar untuk mendorong laba.”

Sebagian besar angka penjualan Jeep berasal dari Amerika, dengan angka total 701.000 unit selama 2012, naik 19 persen dari tahun sebelumnya. ANgka ini adalah rekor tertinggi Jeep saat ini sepanjang sejarah penjualannya.(bbc.co.uk/X-14)

sumber: http://www.metrotvnews.com/otomotif/read/2013/01/16/15/123194/Toyota-Pimpin-Penjualan-Otomotif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s