Toyota Jadikan Indonesia Basis Produksi

F: President TMC Akio Toyoda -tengah- (Azwar F/Okezone)
JAKARTA – Toyota Group menegaskan rencana investasinya di Indonesia dengan menyiapkan angka investasi sebesar Rp26 triliun, dimana setengahnya sudah siap dikucurkan. Namun, pabrikan besar asal Jepang ini meminta Indonesia memperbaiki infrastruktur.

Rencana besar Toyota Group di Indonesia ini akan dimaksimalkan enam perusahaan Toyota Group seperti Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body (TAB), Toyota Tsusho Corporation (TT), Aishin Seiki Co Ltd (AS), Denso Corp dan Daihatsu Motor Corporation (DMC).

Toyota Motor Corporation sudah memaparkan rencana panjangnya kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimana salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil di Asia Tenggara, bahkan di Asia.

Namun, pihak Toyota Group meminta kepada SBY agar Indonesia bisa mempercepat penataan infrastruktur, guna memudahkan Toyota menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

“Kami sudah bertemu dan berbicara dengan Presiden SBY, dalam pemaparan pengembangan, kami sangat meminta agar Presiden bisa memperbaiki infrastuktur di Indonesia. Ini akan memudahkan rencana kami menjadikan Indonesia sebagai basis produksi karena kami memiliki rencana ekspor,” jelas Presiden TMC Akio Toyoda, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Selain itu, Toyota Group juga memiliki permintaan lain yang suda dipaparkan kepada SBY. Toyoda menjelaskan, pihaknya bersama lima jajaran presiden Toyota Group berharap bisa memasukan perusahaan kecil Toyota untuk memasok komponen dari Jepang ke Indonesia.

“Kami juga meminta supaya bisa memperbanyak lahan kerja, dengan meningkatkan kandungan lokal dari UKM menengah dan kecil di Jepang bisa masuk ke Indonesia,” lanjut Toyoda.

Sementara itu, Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan menjelaskan, bila Usaha Kecil Menengah (UKM) Jepang bisa datang ke Indonesia, ini akan membuka kesempatan kepada UKM di Indonesia untuk berkembang. Selain itu, lapangan pekerjaan di Tanah Air juga bisa terbuka luas.

“Sangat baik bila UKM Jepang sudah mau datang ke Indonesia. Ini bisa jadi pembelajaran buat UKM-UKM di Indonesia untuk berkembang lagi. Karena ada beberapa bagian dari mobil yang tidak bisa diproduksi di sini,” jelas Johnny.
(zwr)

sumber : okezone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s