Fortuner pertama buatan Karawang di Italia

Setelah 126 hari melintasi dua benua, empat unit Toyota Grand Fortuner 2.7 liter V AT berhasil tiba di Roma, ibukota Italia (20/12). Inilah untuk pertamakalinya mobil yang dibuat di Indonesia, dikemudikan orang Indonesia, menggunakan produk Indonesia berhasil melintasi Asia menuju Eropa dengan sukses.

Dalam siaran persnya, tim ekspedisi menyentuh titik akhir perjalanan di Roma pada pukul 14.50 waktu setempat atau pukul 20.50 WIB. Titik finish ditetapkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Italia. Perjalanan melintasi 23 negara itu menempuh lebih dari 27000km.

Setelah melintasi Sumatra dan menyebrang ke Malaysia, tim melanjutkan perjalanan ke Thailand, Laos, Vietnam, Cina, Kirgistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Iran dan Turki. Turki adalah pintu gerbang Eropa. Negara yang separuh bagian di Asia dan bagian lainnya di Eropa ini menjadi negara terakhir di Benua Asia yang dilewati tim.

Dari sana tim melewati kawasan Balkan dan Eropa Timur yang beberapa tahun lalu bergolak. Negara Eropa pertama yang di singgahi adalah Bulgaria. Negara dengan ibukota Sofia ini, Tim sempat mampir di bengkel resmi Toyota untuk pemeriksaan dan penggantian pelumas. Disini sambutan media dan masyarakat sangat antusias, seperti di Turki. Empat unit Toyota Fortuner yang dipakai tim menjadi pusat perhatian warga Sofia.

Setelah melintasi Bulgaria tim tiba diperbatasan dengan Serbia. Sambutannya sangat mengejutkan karena staf KBRI di Beograd sudah menunggu dan menemani mereka ke ibukota bekas negara Yugoslavia itu. Di Serbia, tim mengadakan tatap muka dengan perkumpulan pecinta otomotif serta pertemuan dengan pihak Toyota Serbia. Pertemuan dengan media setempat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk kendaraan Toyota Fortuner yang diproduksi dan menggunakan suku cadang asli buatan Indonesia. Juga pelumas yang mampu bekerja di berbagai kondisi cuaca yang dilewati.

Selepas Serbia, tim melintasi Hungaria lalu mampir di Wina selama tiga hari sebelum akhirnya melaju menuju Roma untuk finish di KBRI di sana.

Ekspedisi ini menunjukkan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Toyota Fortuner buatan Karawang bisa melintasi dua benua dengan aneka ragam tantangan berat.

sumber:http://www.toyota.co.id/company/news/article.php?article_id=5140

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s